Download Ebook Merakit Merawat Memperbaiki Komputer



www.must4in.com, salam sobat... dalam merakit dan merawat juga memperbaiki komputer sendiri meripakan skil yang sebenarnya harus dimiliki bagi pengguna komputer karena dikala ada masalah di komputer, kita dapat memperbaiki sendiri yang kadang kala kerusakan tidak parah dan tidak perlu mengundang tekhnisi ahlinya..

Nah kali ini GFT, akan membagikan secara gratis beberapa E-book dunia Komputer yang pastinya banyak yang membutuhkan, Ebook-ebook ini dulu pernah menjadi produk yang dijual oleh pengarangnya yaitu Bapak Agus Sale S.Pd di websitnya (www.agussale.com, www.q-bonk.com, www.dpcworld.com) dan saya merupakan Reseler disana dan alhamdulillah banyak sekali peminat ebook ini karena memang sangat berkuwalitas. selanjutnya beberapa tahun ini web reseler telah tutup entah kenapa tidak ada pemberitahuan dari pengelolanya oleh karena itu saya berinisiatif untuk membagikan ebook-ebook ini kepada teman teman setia GFT yang mungkin ebook-ebook ini bermanfaat untuk sobat semua dari pada saya simpan di PC yang kurang ada manfaat.


Ebook Merakit Merawat Memperbaiki Komputer ini merupakan salah satunya, dan sobat bisa sedikit mengenal isinya dari 66 halam pastinya manfaatnya bisa dirasakan bagi yag membutuhkan.

Mainboard
Mainboard adalah keping utama dari komputer. Pada komponen inilah semua pekerjaan internal dikerjakan. Dalam pembahasan ini juga akan dibahas sekalian dengan semua komponen utama yang melekat langsung pada Mainboard. Pada awal sejarah dari komputer pribadi, motherboard (juga disebut mainboard) tidak lebih dari kerangka CPU, chipset, BIOS, dan papan papan lain yang berfungsi sebagai papan berisi periferal seperti drive controller, input output controllers/module memori, dan perangkat lainnya. Saat ini, hampir semua motherboard (atau mobo) mengintegrasikan komponen-komponen ke motherboard sendiri. Mampu mengidentifikasi komponen pada motherboard adalah penting untuk setiap pembangun komputer rumah.

Motherboard modern biasanya meliputi komponen-komponen on-board berikut:
  1. Soket CPU (atau slot).
  2. Chipset (dibagi menjadi dua bagian yang biasa disebut Northbridge dan Southbridge).
  3. Memori (RAM) slot.
  4. Controller dan koneksi untuk untuk hard drive, floppy drive, dan perangkat penyimpanan lainnya.
  5. BIOS.
  6. Controller dan konektor untuk port serial, port paralel, port USB, dan kadang-kadang antarmuka lain seperti SCSI atau port Firewire.
  7. Dalam banyak kasus, slot ekspansi yang dapat menampung kartu ekspansi aftermarket.

Kartu On-Board

Beberapa motherboard sudah include dengan audio on-board, video, jaringan, atau modem card. Mengintegrasikan komponen perangkat ke motherboard membantu menghemat biaya komputer baru. Satu downside kartu built-in adalah bahwa mereka biasanya tidak dapat diperbaiki atau diupgrade dan itulah salah satu alasan mengapa kebanyakan motherboard yang terintegrasi fitur audio, video, modem, atau kartu antarmuka jaringan juga menawarkan pilihan untuk menonaktifkan perangkat onboard dan menginstal kartu addon.

Bagaimana cara menonaktifkan perangkat onboard sangat bervariasi dari mobo ke mobo. Pada beberapa produk, Anda harus memasukkan BIOS setup dan menonaktifkan perangkat, biasanya dalam menu “Integrated Peripherals”. Kadang-kadang (terutama pada papan tua), Anda harus memindahkan jumper di dewan itu sendiri.

  1. Download Gratis Softwaer Untuk Mengedit Vidio
  2. Download Free Softwaer Wondershare Video Editor

Mampu mengenali dan memahami slot ekspansi menggunakannya adalah penting untuk merancang dan membangun homebuilt komputer Anda.

Tiga slot ekspansi yang paling umum digunakan saat ini adalah:

 PCI (Peripheral Component Interconnect). Antarmuka PCI digunakan untuk semua jenis kartu ekspansi dan merupakan ekspansi antarmuka yang paling umum. Segala macam kartu ekspansi PCI yang tersedia, termasuk modem, add-on hard drive dan device I/O, kartu jaringan, kartu suara, beberapa kartu video yang lebih tua, dan segala macam kontroler khusus untuk mesin industri.

 AGP (Accelerated Graphic Port). Antarmuka AGP hanya digunakan untuk kartu video. Ini merupakan peningkatan signifikan atas kartu video PCI tua. Dalam AGP, data kecepatan transfer meningkat. Ketika memilih sebuah kartu video AGP, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah apakah motherboard Anda mampu mendukung dengan baik. Misalnya, Anda tidak perlu membeli kartu video AGP 4X untuk motherboard yang hanya mendukung AGP 2X, atau sebaliknya.

 PCI Express. Interface PCI-E secara teoritis dapat digunakan untuk hampir semua jenis I/O device, tetapi yang paling populer sebagai interface untuk kartu video high-end karena kemampuan transfer data yang sangat besar yaitu lebih dari 250 Mb/sec.
  1. Mengenal Proses Kerusakan Hard Driver di Komputer
  2. Softwaer Merekam Aktifitas Layar Monitor "Jing"
Ada berbagai macam motherboard tersedia saat ini. Ketika memilih mobo baru untuk komputer homebuilt Anda, banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk:

1. Faktor Bentuk.
Faktor bentuk adalah seperangkat standar yang meliputi ukuran dan bentuk, susunan lubang mounting, antarmuka power, dan jenis dan penempatan port dan konektor. Secara umum, Anda harus memilih casing agar sesuai mobo, bukan sebaliknya. Pastikan motherboard yang Anda pilih adalah bentuk yang kompatibel dengan casing. 

2. Dukungan Processor.
Anda harus memilih mobo yang mendukung jenis dan kecepatan prosesor yang ingin Anda gunakan dan memiliki jenis yang tepat dari soket untuk prosesor tersebut.

3. Dukungan RAM.
Pastikan bahwa motherboard yang Anda pilih mendukung cukup jenis RAM (DDRSDRAM, DDR2-SDRAM, RDRAM, dll) yang ingin Anda gunakan. Kebanyakan motherboard dibuat dapat mendukung paling tidak 4 Giga RAM, dengan DDR2 sebagai jenis yang paling populer karena kecepatan dan biaya yang relatif rendah. Kebanyakan motherboard juga mendukung dual channel DDR, yang selanjutnya dapat meningkatkan kinerja. Tapi untuk memanfaatkan dual-channel, RAM maka harus diinstal pada pasangan yang cocok, dan mobo harus mendukungnya.

  1. Belajar Lengkap Microsoft Word 2007
  2. Waspadai Malware (Malicious Software)

4. Chipset. 
Chipset cukup banyak ditampilkan pada motherboard, dan beberapa chipset yang lebih baik daripada yang lain. Chipset tidak dapat diganti, sehingga satusatunya cara untuk memecahkan masalah yang disebabkan oleh chipset yang buruk adalah menggantikan mobo tersebut. Baca tinjauan motherboard lain yang menggunakan chipset yang sama seperti yang Anda pertimbangkan untuk melihat apakah banyak orang telah melaporkan masalah dengan mobo itu.

5. Dukungan SATA. 
Untuk menggunakan SATA, motherboard anda harus memiliki dukungan SATA. Kebanyakan hard disk saat ini menggunakan koneksi model SATA, walaupun model terdahulu belum hilang dari pasaran.

6. Slot Ekspansi dan Port. 
Berapa banyak jenis slot ekspansi yang Anda butuhkan? Apakah mereka akan cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda saat ini dan masa depan? Bagaimana dengan dukungan Firewire? Dan apakah memiliki cukup slot USB untuk semua peripheral Anda inginkan? 

7. Reputasi. 
Cari newsgroup untuk melihat apakah orang lain telah menggunakan mobo yang Anda incar. Salah satu sumber Web yang sangat baik untuk penelitian motherboard adalah Motherboards.org. Saat memilih motherboard, keandalan merupakan faktor yang paling penting. Mengganti motherboard yang jelek memerlukan pembongkaran total seluruh komputer, dan juga mungkin memerlukan menginstal ulang sistem operasi dan aplikasi dari awal.

8. Kompatibilitas.  
Kebanyakan motherboard termasuk driver mendukung semua versi Windows terbaru, tetapi periksa dokumentasi agar Anda yakin. Jika Anda berencana untuk menggunakan mobo untuk sebuah komputer yang menjalankan sistem operasi lain (Linux, UNIX, Mac, dll) cek pertama pada produsen motherboard untuk melihat apakah kompatibel, dan kemudian mencari newsgroup hardware untuk OS yang akan Anda gunakan untuk melihat bagaimana pengalaman mereka.

9. Fitur On-Board. 
Apakah Anda ingin terintegrasi audio atau video? Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan komputer untuk grafis, multimedia, atau game, maka Anda mungkin dapat menghemat uang dengan membeli motherboard dengan audio terintegrasi.
  1. Tutor Fungsi PDF di Blog
  2. Pengertian Elektronik
10. Dukungan RAID. 
RAID (Redundant Array of Independent Disk) adalah satu set protokol untuk mengatur beberapa hard drive menjadi "array" untuk memberikan toleransi kesalahan dan/atau meningkatkan kecepatan akses data dari hard drive. Banyak motherboard RAID controller built-in, menghemat biaya dan tidak perlu menginstal add-on controller RAID.

11. Biaya. 
Walaupun Anda kurang memiliki anggaran, motherboard bukanlah tempat untuk jalan pintas. Sebuah motherboard yang baik adalah lebih penting daripada lampu variasi neon. Bertanyalah kepada orang lain tentang kisaran harga atau Anda langsung tanya pada dealer.








Ingin Belajar Bisnis Online..... "Disini Tempatnya"
 
Rahasia Master SEO

Artikel Terkait

Share this post :

Posting Komentar

Kalo Postingan ini ada manfa'at atau menghibur
silahkan komentar, dengan syarat tidak SPAM !!. terima kasih....

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!
Product Image

close

Gratis E-book

iklan 160 x 600


Popular Post

Pengikut

Traffict Blog

Recent Comments


share
 
Support : PasarOnlineBanyuwangi.com | UndanganQ | Mas Template
Copyright © 2011. GratisFullTain | Download Software & Ebook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger